Selasa, 30 November 2010

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar

Berhasil atau tidaknya proses belajar untuk mencapai sasaran yang diinginkan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu (1) faktor intern dan (2) faktor ekstern. Berikut ini penulis akan menjelaskan masing-masing bagian tersebut:




a. Faktor Intern


Kesulitan yan bersifat intern adalah suatu hambatan dalam belajar yang bersumber dari dalam diri individu. Yang termasuk faktor ini adalah faktor fisik dan psikis. Faktor ini sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar siswa. Faktor yang demikian tidak disadari oleh siswa yang bersangkutan, dan walaupun disadari ia menganggapnya rendah dan sama sekali tidak berusaha menghilangkan dan memperbaiki.
Sebab-sebab yang tercakup dalam golongan ini adalah sebagai berikut:


1. Kesehatan


Menurut Slameto (2003 : 54) sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan beserta bagian-bagiannya/bebas dari penyakit. Kesehatan adalah keadaan atau hal sehat. Kesehatan berpengaruh terhadap belajarnya.


Proses belajar seseorang akan terganggu jika kesehatan seseorang terganggu, selain itu ia akan cepat lelah, kurang bersemangat, mudah pusing, ngantuk jika badannya lemah, kurang darah ataupun ada gangguan-gangguan/kelainan-kelainan fungsi alat inderanya serta tubhnya. Agar seseorang dapat belajar denngan baik haruslah mengusahakan kesehatan badannya tetap terjamin dengan cara selalu mengindahkan ketentuan-ketentuan tentang bekerja, belajar, istirahat, tidur, makan, olahraga, rekreasi dan ibadah.


Jadi setiap individu dalam melakukan pelajaran mengutamakan kesehatan, sebab jika kesehatan terganggu maka akan mempengaruhi individu tersebut dalam beraktivitas. Anak yang tidak sehat tidak dapat belajar dengan baik, karena kesehatannya terganggu.


2. Konsentrasi, Minat dan Motivasi


a. Konsentarsi


Konsentarsi dalam belajar berarti pemusatan pikiran terhadap sesuatu yang sedang dipelajari dengan menyampingkan semua hal yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang dipelajari tersebut.


Jadi konsentrasi dalam belajar sangat diperlukan. Menurut teori Gestlat pengertian merupakan inti dari belajar, sedang untuk mengerti sesuatu yang sedang dipelajari memerlukan konsentrasi. Sumber utama dalam belajar adalah dimengertinya hal yang dipelajari.


Pada dasarnya konsentrasi merupakan akaibat dari perhatian, terutama perhatian yang bersifat spontan yang ditimbulkan oleh minat terhadap suatu hal. Akan tetapi perhatian yang disengaja dapat pula menghasilkan konsentrasi.


b. Minat



Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang bebrapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan terus-menerusyang disertai dengan rasa senang. Seseorang yang mempunyai minat akan selalu diikuti dengan persaan senang sehingga diperoleh kepuasan.


Minat mempengaruhi proses dan hasil belajar, jika seseorang yang tidak ada minat untuk mempelajari sesuatu maka tidak dapat diharapkan bahwa ia akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tertentu. Begitu pula sebaliknya jika seseorang mempunyai minat maka dapat diharapkan hasil yang lebih baik.


Minat sangat menentukan sukses atau tidaknya kegiatan seseorang termasuk dalam hal belajar. Minat yang besar akan mendorong motivasi. Demikian pula halnya dalam mengikuti pelajaran di sekolah, setiap siswa hendaknya mempunyai minat yang besar terhadap pelajaran yang sedang diikutinya. Kurang minat menyebabkan kurangnya perhatian dan usaha untuk belajar, sehingga menghambat studinya dalam belajar.
Jadi minat mempengaruhi proses dan hasil belajar, jika seseorang yang tidak ada minat untuk mempelajari sesuatu maka tidak dapat diharapakan bahwa ia akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tertentu. Begitu pula sebaliknya jika seseorang mempunyai minat maka dapat diharpkan hasil yang lebih baik.


c. Motivasi


Motivasi merupakan penentu berhasil tidaknya seseorang dalam mencapai tujuan sehingga semakin besar motivasi akan semakin besar kesuksesan belajar. Begitu pula sebaliknya seseorang yang motivasinya lemah maka kecil peluang untuk mencapai kesuksesan belajar.


Sering dijumpai siswa memiliki intelegensi tinggi, tetapi hasil belajar matematika yang dicapainya rendah akibat kemampuan intelektual yang dimilikinya tidak/kurang berfungsi secara optimal. Salah satu faktor pendukung agar kemampuan intelektual yang dimiliki siswa dapat berfungsi secara optimal adalah adanya motivasi untuk berprestasi lebih tinggi yang bersumber dari dalam dirinya.
Jadi faktor motivasi dalam belajar memberikan andil yang besar untuk mendorong siswa agar berprestasi lebih baik.


3. Cara Belajar


Untuk dapat memahami dan mengerti isi dari proses belajar mengajar di sekolah diperlukan adanya kecakapan belajar mandiri yang baik, mencatat hal-hal yang perlu, bertanya, dan mengajukan masalah-masalah yang ada dalam dirinya, menanggapi materi yang diajarkan dan sebelum mengikuti pelajaran selanjutnya terlebih dahulu mempelajarinya.


4. Kurang Penguasaan Bahasa dan Simbol


Matematika selain memiliki objek yang abstrak dan strukturnya yang berpola deduktif juga menggunakan bahasa simbolis. Jadi belajar matematika berarti belajar menggunakan dan memanipulasi simbol-simbol. Dimana sebelum memanipulasi simbol-simbol itu, yang perlu diketahui adalah memahami arti dari ide yang disimbolkan itu. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi verbalisasi, yaitu menghapal simbol tanpa diketahui arti yang disimbolkan. Namun dalam belajar matematika menghapal tetap diperlukan, tetapi sebelum dihapal terlebih dahulu harus diketahui artinya.


5. Tidak Dapat Menerapkan Rumus-Rumus dan Memahami Soal-Soal Matematika


Seseorang siswa yang tidak dapat menerapkan rumus-rumus dan memahami soal-soal matematika yang diberikan tentu akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal tersebut, dan tidak kalah pentingnya adalah kemampuan dalam pemahaman terhadap soal-soal matematika. Seorang siswa dikatakan memahami sesuatu apabila ia mampu menjelaskannya. Di lain pihak, matematika sebagai bahan pelajaran yang objeknya berupa fakta, konsep, operasi, dan prinsip yang kesemuanya adalah abstrak, membutuhkan kemampuan penerapan rumus-rumus yang kemudian mampu ia pahami. Jadi kemampuan memanipulasi rumus-rumus yang kemudian mampu ia pahami. Jadi kemampuan memanipulasi rumus-rumus yang ada dan pemahaman mengenai soal-soal matematika sangat penting.


a. Faktor Ekstern


Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap belajar, dapat dikelompokkan menjadi tiga faktor , yaitu faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.


1) Faktor Keluarga


1. Kurang perhatian Orang Tua


Anak belajar perlu dorongan dan perhatian orang tua. Bila anak sedang belajar jangan diganggu dengan tugas-tugas di rumah. Kadang-kadang anak mengalami lemah semangat, orang tua wajib memberI pengertian dan perhatian serta mendorongnya, membantu sedapat mungkin kesulitan yang dialami anak di sekolah. Kita perlu menghubungi guru anaknya untuk mengetahui perkembangannya.


2. Pola Asuh Orang Tua


Pola asuh orang tua dalam mendidik anaknya besar pengaruhnya terhadap belajar anaknya. Orang tua yang kurang/tidak memperhatikan pendidikan anaknya, misalnya mereka acuh tak acuh terhadap belajar anaknya, tidak memperhatikan sama sekali akan kepentingan-kepentingan dan kebutuhan-kebutuhan anaknya dalam belajar, tidak mengatur waktu belajarnya, tidak menyediakan/melengkapi alat belajarnya, tidak memperhatikan anaknya belajar atau tidak, tidak mau tahu bagaimanakah kemajuan belajar anaknya, kesulitan-kesulitan yang dialami dalam belajar dan lain-lain, dapat menyebabkan anak tidak/kurang berhasil dalam belajarnya. Mungkin anak sendiri sebetulnya pandai, tetapi karena cara belajarnya tidak teratur, akhirnya kesukaran-kesukaran menumpuk sehingga mengalami ketinggalan dalam belajarnya dan akhirnya anak malas belajar. Hasil yang didapatkan, nilai/hasil belajarnya tidak memuaskan bahkan mungkin gagal dalam studinya. Hal ini dapat terjadi pada anak dari keluarga yang kedua orang tuanya terlalu sibuk mengurus pekerjaan mereka atau kedua orang tua memang tidak mencintai anaknya.


Mendidik anak dengan cara memanjakannya adalah cara mendidik yang tidak baik. Orang tua yang terlalu kasihan terhadap anaknya tak sampai hati untuk memaksa anaknya belajar, bahkan membiarkan anaknya tidak belajar dengan alasan segan, adalah tidak benar. Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut, anak akan menjadi nakal, berbuat seenaknya saja, pastilah belajarnya menjadi kacau. Sebaliknya, jika cara mendidik anak dengan cara memperlakukannya dengan keras juga merupakan cara mendidik yang kurang baik karena anak akan mengalami tekanan sehingga akan menimbulkan rasa takut dan pada akhirnya benci terhadap belajar. Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka akan menimbulkan gangguan kejiwaan pada anak. Orang tua yang demikian menginginkan anaknya mencapai prestasi yang sangat baik, atau mereka mengetahui bahwa anakanya bodoh tetapi tidak tahu apa yang menyebabkan, sehingga anak dikejar-kejar untuk mengatasi/mengejar kekurangannya.


Disinilah perlu bimbingan dan penyuluhan memegang peranan yang penting. Anak/siswa yang mengalami kesukaran-kesukaran di atas dapat ditolong dengan memberikan bimbingan belajar yang sebaik-baiknya. Tentu saja keterlibatan orang tua akan sangat mempengaruhi keberhasilan bimbingan tersebut.


3. Suasana Rumah/Keluarga


Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang bersifat informal dan merupakan pelekat dasar pendidikan. Pendidikan dari keluarga merupakan pendidikan yang utama, pelekat dasar dari pendidikan formal. Oleh sebab itu perkembangan belajar siswa sangat ditentukan oleh lingkungan keluarga. Keluarga perlu mengusahakan perbaikan mutu belajar anak di rumah dengan menciptakan kondisi/situasi keluarga yang aman, tentram dan damai dimana anak akan merasa tenang dalam belajar serta ditunjang dengan tersedianya fasilitas-fasilitas yang akan menunjang keberhasilan anak dalam belajar, yang akan sendirinya akan meningktkan mutu sekolah.
Disamping itu perlu diyakini bahwa antara sekolah dan keluarga dapat menjalin kemitraan yang sangat penting artinya bagi pendidikan anak-anak tersebut.


4. Fasilitas Belajar di Rumah


Belajar dengan baik memerlukan tempat dan fasilitas yang memadai seperti ruang belajar, alat tulis-menulis, buku-buku, meja, kursi, penerangan, dan bebas dari keributan. Jika hal tersebut di atas tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan masalah kesulitan belajar bagi anak.


5. Keadaan Ekonomi Keluarga


Keadaan ekonomi keluarga erat hubungannya dengan belajar anak. Anak yang sedang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan pokoknya, juga harus memiliki fasilitas belajar yang memadai. Fasilitas belajar yang dibutuhkan oleh anak dapat terpenuhi jika keadaan ekonomi keluarga juga mendukung. Jika anak hidup dalam keluarga yang miskin, kebutuhan pokok anak kurang terpenuhi, akibatnya kesehatan anak terganggu, sehingga belajar anak juga terganggu. Akibat yang lain yaitu anak sering dirundung kesedihan dan merasa minder terhadap temannya yang lain. Hal ini pasti akan menggangu belajar anak.


Sebaliknya, keluarga yang kaya raya, orang tua sering mempunyai kecenderungan memanjakan anaknya. Anak hanya bersenang-senang dan berfoya-foya. Akibatnya anak kurang dapat memusatkan perhatiannya untuk belajar. Hal tersebut juga dapat mengganggu belajar anak.


6. Kebudayaan Keluarga


Tingkat pendidikan atau kebiasaan di dalam keluarga mempengaruhi sikap anak dalam belajar. Perlu kepada anak ditanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, agar mendorong semangat untuk belajar.


7. Hubungan Antar Anggota Keluarga


Hubungan antar anggota yang paling penting adalah hubungan antara orang tua dengan anak. Selain itu, hubungan dengan saudara dan anggota keluarga yang lain juga dapat mempengaruhi belajar anak. Sebetulnya, hubungan antar anggota keluarga ini erat hubungannya dengan cara orang tua mendidik.


Demi kelancaran belajar serta keberhasilan anak, perlu diusahakan hubungan yang baik di dalam keluarga anak tersebut. Hubungan yang baik adalah hubungan yang penuh pengertian dan kasih sayang, disertai bimbingan dan bila perlu hukuman-hukuman untuk mensukseskan belajar anak sendiri.


2) Faktor Sekolah


1. Metode Mengajar


Metode mengajar adalah suatu cara/jalan yang harus dilalui di dalam mengajar. Disamping itu, mengajar juga dapat diartikan sebagai penyajian bahan pelajaran oleh orang kepada orang lain agar orang lain itu menerima, menguasai dan mengembangkannya. Di dalam lembaga pendidikan, orang lain yang disebut di atas sebagai murid/siswa, mahasiswa yang dalam proses belajar agar dapat menerima, menguasai, lebih-lebih mengembangkan bahan pelajaran itu, maka cara-cara mengajar serta cara belajar haruslah setepat-tepatnya dan seefisien serta seefektif mungkin.
Dari uran di atas, metode mengajar sangat mempengaruhi belajar. Metode mengajar yang kurang baik dapat mempengaruhi belajar siswa karena tidak/kurang dapat menerima informasi atau materi yang disampaikan.


2. Hubungan Antar Guru dengan Siswa


Proses belajar mengajar terjadi antara guru dengan siswa. Proses tersebut juga dipengaruhi oleh hubungan yang ada dalam proses itu sendiri. Jadi cara belajar siswa juga dipengaruhi oleh hubungan dengan gurunya.


Apabila terjalin hubungan yang baik maka siswa akan menyukai gurunya, dan juga akan menyukai mata pelajaran yang diberikannya sehingga siswa akan berusaha mempelajari sebaik-baiknya. Dan sebaliknya, apabila siswa tidak menyukai gurunya, maka ia akan segan mempelajari mata pelajaran yang diberikannya.


Guru yang kurang berinterkasi dengan siswa secara akrab akan menyebabkan proses belajar mengajar itu kurang lancar. Juga siswa merasa jauh dari guru, maka segan berpartisipasi secara aktif dalam belajar.


3. Hubungan Antar Siswa dengan Siswa


Guru yang kurang mendekati siswa dan kurang bikasana tidak akan melihat bahwa di dalam kelas ada grup yang saling bersaing secara tidak sehat. Jiwa kelas tidak terbina, bahkan hubungan masing-masing siswa tidak tampak.


Siswa yang mempunyai sifat-sifat atau tingkah laku yang kurang menyenangkan teman lain, mempunyai rasa rendah diri atau sedang mengalami tekanan-tekanan batin, akan diasingkan dari kelompok. Akibtnya, makin parah masalahnya dan akan mengganggu belajarnya. Lebih-lebih lagi ia menjadi malas untuk masuk sekolah dengan alasan yang tidak-tidak karena di sekolah mengalami perlakuan yang kurang menyenangkan dari teman-temannya. Jika hal ini terjadi, segeralah siswa diberi pelayanan bimbingan dan penyuluhan agar ia dapat diterima kembali ke dalam kelompoknya.
Menciptakan hubungan yang baik antar siwa adalah perlu, agar dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar siswa.


3) Faktor Masayarakat


1. Mass Media


Yang termasuk dalam mass media adalah bioskop, radio, TV, surat kabar, majalah, buku-buku, komik-komik dan lain-lain. Semuanya itu ada dan beredar dalam masyarakat.
Mass media yang baik memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa dan juga terhadap belajarnya. Dan sebaliknya, jika mass media yang jelek juga akan berpengaruh terhadap belajarnya.


2. Teman Bergaul


Pengaruh-pengaruh dari teman bergaul siswa lebih cepat masuk dalam jiwanya darpada yang kita duga. Teman bergaul yang baik akan berpengaruh baik terhadap diri siswa, begitu juga sebaliknya. Teman bergaul yang jelek pasti mempengaruhi yang bersifat buruk juga.


Agar siswa dapat belajar dengan baik, maka perlulah agar siswa memiliki teman bergaul yang baik-baik dan pembinaan pergaulan yang baik serta pengawasan dari orang tua dan pendidik harus cukup bijaksana (jangan terlalu ketat tetapi jangan juga lengah).


3. Bentuk Kehidupan Masyarakat


Kehidupan masyarakat di sekitar siswa juga berpengaruh terhadap belajar siswa. Masayarakat yang memiliki perilaku yang kurang baik yang berada di sekitar siswa akan berpengaruh jelek kepada siswa (anak) yang berada di sekitar itu. Siswa akan tertarik terhadap apa yang dilakukan oleh orang yang berada di sekitarnya sehingga dapat mengganggu belajarnya bahkan siswa tersebut akan kehilangan semangat belajarnya karena perhatiannya semula terpusat kepada pelajaran berpindah keperbuatan-perbuatan yang jelek yang selalu dilakukan oleh orang-orang disekitarnya. Dan sebaliknya, jika di sekitar siswa tersebut adalah orang-orang yang terpelajar yang baik-baik, mereka mendidik dan menyekolahkan anak-anaknya, antusias dengan cita-cita yang luhur akan masa depan anaknya, siswa terpengaruh juga ke hal-hal yang dilakukan oleh orang yang berada di lingkungannya. Pengaruh itu dapat mendorong semangat siswa untuk belajar lebih giat lagi.


0 komentar: